25 February 2011

Bank Account di Amerika

Minggu lalu saya baru saja membuat bank account atau istilah keren di Indonesia 'buka rekening'. Bukannya mau pamer kalau saya punya acount disini, tapi lebih ke pengen sharing aturan-aturan di bank yang ada disini. Inipun baru kuketahui setelah membuat bank account.

Saat membuat bank account, kita di beri pilihan checking account atau saving account, atau bisa juga kedua-duanya. Tabungan jenis checking ini, uang yang kita simpan bisa di ambil kapan saja sama seperti tabungan di Indo sementara untuk jenis saving account, lebih mirip ke deposito cuman bedanya deposito punya waktu tertentu atau istilahnya jatuh tempo sementara saving bank boleh di ambil kapan saja tapi hanya bisa 1 kali sebulan dengan saldo minimum tidak boleh kurang dari jumlah yang ditetapkan oleh bank.

Membuat account disini, kita tidak di beri buku tabungan seperti halnya di Indo. Tapi untuk checking account, kita diberi check untuk digunakan sebagai alat pembayaran. Sementara untuk mengecek saldo ataupun mutasi rekening, semua dilakukan di internet banking.

Untuk internet banking sendiri, sedikit berbeda dengan di Indonesia. Menurutku disini jauh lebih aman, untuk mengakses account kita dari komputer yang berbeda saja, security mereka langsung beraksi. Account tidak otomatis langsung terbuka tapi memberi beberapa pertanyaan yang mereka simpan saat kita registrasi, untuk memastikan bahwa benar sang pemilik account yang mengakses accountnya dari komputer berbeda.

Perbedaan yang paling nyata dengan sistem perbankan di Indonesia adalah soal transfer mentrasfer uang. Kalau di Indo kita bisa transfer bahkan ke bank yang berbeda baik melalui atm atau internet banking disini justru tidak bisa jangankan beda bank, ke bank yang sama saja tidak bisa. Saya sempat melongo saat petugas bank itu memberitahu kami, karena waktu itu saya bertanya bisakah suami mentrasfer uang ke rekening saya atau sebaliknya via atm/internet banking. Ternyata boleh, tapi hanya jika saya mendaftarkan nama suami di rekening saya atau sebaliknya sebagai orang yang bisa mentransfer atau menerima transfer yang istilah mereka 'join'. Jadi tidak sembarang orang yang bisa mentrasfer/ditransferkan duit ke/dari rekening anda, hanya nama yang telah anda daftarkan.(Saya sempat nyeletuk, kog ribet banget yah malah lebih gampang di Indo...)

Kartu atm yang diberikan bisa digunakan untuk belanja di supermarket sebagai debit card kalau account kita checking account.

Segini aja dulu sharingnya, udah jam 12 am 'time to sleep'. Byeeeeeeeee

2 comments:

  1. Semua bank tidak bisa transfer dan ditransfer atau bank tertentu sdaja?
    thnx!

    ReplyDelete
  2. Sekarang masih di US ya..?
    Nie aku lagi nyari cara buka akun Bank di US dari indo...
    Ada sih webnya tapi mahal bayarnya ...maunya yang Gratis..hehe
    Ada gak ya..?

    ReplyDelete

Berkomentar yang sopan sangat disenangi, komentar spam akan di hapus. Thanks!!