02 March 2011

Pengalaman: Tips Menghemat Listrik di Amrik

Pertamakali datang kesini, saya gak kepikiran sama sekali kalau ternyata hidup disini kita harus 'cerdas' menyiasati pengeluaran. Istilahnya kalau ada barang yang persis sama, ngapain kita mesti mengeluarkan duit lebih kalau ternyata ada yang lebih murah. Jangan berfikir kalau bule-bule itu gak mau yang murah..he..he, nyari yang murah dan berkualitas itu naluri semua orang :)

Kali ini mau sharing tentang tips menghemat listrik di amrik, sesuai pengalaman pribadi. 

Bulan pertama disini, kami harus bayar tagihan listrik sebesar $45, itu pembayaran listrik saat unit kami lagi kosong alias suami lagi di Indo jemput saya dan anak. Nah bulan berikutnya, saya dan suami kaget dengan tagihan listrik $130...huaaaaaaaaa. Memang sih disini semua serba listrik, tiap pagi sore mandi air hangat dan tau sendiri mesin pemanas air membutuhkan listrik banyak, mikrowave, kompor & oven semua menggunakan listrik.

Karena kaget dengan tagihan listrik itu, saya kasak-kusuk nyari info. Kebetulan banget teman seperjuangan saya ke Amrik mba Helen sudah lebih dulu 6 bulan di amrik tepatnya di Florida. Langsung deh chat minta advice, mba Helen memberi saran untuk mengganti semua bohlam lampu. Saya dan suami pun memeriksa bohlam lampu di rumah, benar saja disini ternyata tiap ruangan (unit kami ada 4 ruangan) bohlamnya ada dua yang masing-masing 100 watt yang lampu kuning pula, gimana tidak muahhhaalll bayar listriknya.

Weekend, kami segera ke wallmart hunting bohlam yang putih dengan watt yang lebih rendah kalo di indo mirip lampu philips. Beli yang 20 watt, trus tiap ruangan cuman di pasang 1 bohlam.

Sebulan kemudian, tagihan listrik benar-benar lebih sedikit. Dan setahun lebih kami disini tagihan listrik sekitar $70-$85, biasanya tagihan listrik mencapai $85 kalo lagi rajin masak apalagi kalo rajin manggang (roti, kue kering, atau daging) tapi setidaknya gak pernah nyampe $90 apalagi $100.

1 comments:

Berkomentar yang sopan sangat disenangi, komentar spam akan di hapus. Thanks!!