ePrivacy and GPDR Cookie Consent by Cookie Consent Akhirnya VISA J2 ku di Approve I ~ KOTAK BINTANG

14 November 2009

Akhirnya VISA J2 ku di Approve I

Lama baru posting lagi, kali ini mau cerita tentang gimana dapatin visa J2 US untuk dependant student fulbright.

Setelah DS2019 saya sudah nyampe Aminef, saya langsung hunting tiket Makassar-Jakarta untuk tanggal 3 November karena interview visa di jadwalkan kamis tanggal 5 November jam 2 siang.

Oiya beberapa dokumen untuk keperluan visa sudah saya kirim sebelumnya via TIKI ke Aminef. Dokumen apa saja itu, bisa dilihat disini

Tinggalkan makassar selasa 3 November jam 4 sore wita via pesawat Lion Air, berangkat ke Jakarta bareng mama dan Abila. Deg-degan juga, soalnya saya baru pertama kali naik pesawat....ndeso yah..ha..ha, emang. Ceritanya bisa di baca disini.

Empat hari sebelum berangkat saya sudah tanya-tanya ke om google hotel mana yang dekat dengan jalan sabang tempat untuk foto visa, jalan sahari raya kantornya aminef dan jalan medan merdeka tempat kedubes US.

Sebelumnya pengen di hotel sofyan betawi tapi karena sudah full jadi milih hotel Atlantic jalan Salemba Raya no. 26 Jakarta Pusat, dan ternyata lebih murah. Akses kendaraan juga gampang.

Tiba di bandara Cengkareng jam 17.30 wib di jemput ama Ancha, mahasiswanya suami yang akrab juga dengan saya. Dari bandara langsung menuju Hotel Atlantic. Kami hanya cek in trus ke Jalan Sabang buat foto di Globe studio.  Pergi ke Jalan Sabang di temani Miswar, sahabat sejak kuliah sampai sekarang. Saya mesti di temanin karena ini pertama kalinya saya ke Jakarta (cian kali yahhhhh ...). Jadi sebelum berangkat ke Jakarta udah kasak-kusuk di Makassar nyari teman yang punya waktu free saat saya di Jakarta ..he..he

Saya dan Abila harus foto malam ini juga karena besok paginya jam 10, saya mesti menyerahkan foto ini ke ibu Adeline. Kalo fotonya baru besok pagi, gak keburu karena hasilnya mesti nunggu 1 jam, sementara Globe bukanya jam 9 pagi, belum perjalanannya belum macetnya.

Sampai di jalan sabang jam 20.20 wib, globe sudah mau tutup (tutup 20.30 wib) jadi cuman foto, hasilnya besok pagi baru bisa di ambil. Foto bayarnya 70 ribu untuk dua orang. Setelah foto, jalan kaki cari makan karena sudah lapar. Kebetulan ada RM Ampera dekat Globe, hmmmmmmm nikmat sambel terasinya. Habis makan ke hotel lagi dan tidur pulas karena capek

Rabu 4 November 2009, jam 9 pagi dengan menggunakan taxi kami menuju ke jalan sabang untuk ambil foto. Dari jalan sabang coba  gunakan bajaj ke kantor aminef di jalan gunung sahari raya , ongkosnya 10 ribu.

Sampai di gedung Balai pustaka, tempat kantor Aminef saya langsung menemui Ibu Adeline buat serahkan passpor dan foto.  Berada di kantor aminef kurang lebih 30 menit. Urusan berkas selesai jam 10.00 wib. Dari pada balik ke hotel mending keliling jakarta pake bajaj. Dari Gunung sahari naik bajaj ke Bundaran hi,  masuk plaza Indonesia, pulangnya naik bajaj lagi tapi mampir ke atrium senen. Puas belanja, makan siang jam 15.00 balik ke hotel istirahat.

Malamnya jam 20.00 ada Miswar, Kia, yaqzhan putra kia-miswar, trus ada Firman juga. Saya diajak ke monas, disana main layangan....seru habis. Lumayan ilangin stress karena besok mau interview visa. Puas main di monas nyari makan, cobain makan di mas miskun. Habis makan diantar ke hotel, ngobrol lagi, bernostalgia ingat masa kuliah. Jam 24.00 mereka meninggalkan hotel dan saya pun tertidur pulas.

Kamis 5 November jam 13.00 wib, dari salemba menuju ke kedubes US. Hari ini saya di jadwalkan interview visa jam 2 siang. Mama dan Abila tinggal di hotel, saya sendirian ke kedubes US.

Kedubes US dari depan yang terlihat hanya pagar tinggi berwarna hijau, didepan pagar ada beberapa penjaga dan orang yang antri untuk pengurusan visa. Sampai didepan kedubes US saya langsung melapor pada penjaga pos depan pagar kalau saya sudah ada jadwal interview dari aminef, penjaga meminta KTP untuk mencocokkan nama yang ada pada catatan mereka.

Setelah itu saya dipersilahkan masuk melewati pintu pagar kecil yang langsung ditutup setelah saya berada didalamnya. Tidak seperti yang ada dalam bayangan saya sebelumnya kalau dibalik pagar yang sangat tinggi dan angker itu ternyata didalamnya suasananya begitu bersahabat menurut saya.