28 January 2010

Mie Titi

Beberapa hari lalu, kepengen bangen makan Mie Titi. Kuliner khas makassar, yang selalu bikin kangen.

Pas ke china town belanja, sekalian beli bahan-bahan buat bikin Mie Titi. Pas saya buat, mie nyakeras banget. Gagal deh impiannya
Sad Emoticons.....
Beberapa hari kemudian, pas stock susu abila hampir habis. Kita ke Don Quijote lagi, skalian aku nyari mie merk lain. Nyampe rumah, di cobain lagi bikin mie titi nya, dan alhamdulilah kali ini berhasil.


aku bagi resepnya yah... tapi kali ini tdk pake ukuran. Sesuaikan saja dengan bahan yang ada, oke!

Bahan
  • Mie basah, goreng dalam minyak panas. Sisihkan
Bahan Kuah
  • Sawi, potong-potong
  • Daging ayam, potong dadu
  • udang, kupas kulitnya. (rebus kulit udang dan kepala udang, sisihkan)
  • Cumi (tapi kali ini aku gak pake)
  • Hati ayam, potong kecil
  • Bakso sapi, potong jadi 2 atau 3 bagian
  • telur ayam 1 butir, kocok lepas
  • Maizena/Tapioka, 2-3 sendok makan. Larutkan dalam sedikit air.
Bumbu kuah
  • Bawang putih, 2-3 biji, haluskan bersama garam
  • Kaldu blok/kaldu bubuk, rasa ayam
Cara buat Kuah
  1. Rebus ayam, setelah ayam empuk masukkan udang dan hati ayam yang telah di potong. Didihkan
  2. Masukkan air rebusan kulit+kepala udang. Didihkan
  3. Tuang 5 sendok makan kuah diatas (no,2) pada telur yang telah di kocok. Tuang sesendok demi sesendok sambil telurnya di aduk. Setelah itu, tuang telur tadi ke dalam kuah (no.2), sambil kuah terus di aduk agar telurnya tidakmenggumpal. didihkan
  4. Masukkan bawang putih dan kaldu blok/kaldu bubuk. Aduk rata. Tambahkan garam jika perlu
  5. Masukkan sawi, didihkan.
  6. Lakukan cara ke 3, terhadap tepung tapioka. Aduk hingga mengental
  7. Angkat
Cara penyajian
  1. Mie yang telah di goreng, disiram dengan kuah
  2. Tambahkan jeruk nipis dan lombok kuning khas makassar
Drinking Emoticons


6 comments:

  1. hmmmm...langsung lapeeeerzzz..kudu main ke Honolulu nih heheheheh

    ReplyDelete
  2. setau saya mie titi itu yg paling khas adalah mienya.. kering tipis dan garing hmmm.,. mantaaaap
    saya juga suka hahahaha

    ReplyDelete
  3. Thanks Mba Tiara udah mampir di sini, iya emang mie titi salah satu ciri khasnya itu mie nya yg tipis tapi krn gak ada disini jadi nyari mie basah aja..he..he. Ciri khas lainnya yang jarang orang tau adalah sambel kuning asli makassar..:)

    ReplyDelete
  4. itu juga saya tau rasanya enak sekali apalagi klo dicampur ke mie titi yg sudah ditambah dengan sedikit perasan jeruk nipis belum lg kl ditambah es pisang ijo yg dimakan dipinggir pantai losari aiih mantap deh.. eits kok puasa2 begini malah ngomongin makanan ya? maaf ya mbak Ita.. panggil saja saya Tiara saya masih lebih muda kok dr mbak Ita. Salam kenal :)

    ReplyDelete
  5. Salam Kenal Tiara....!!!! Ngomongin makanan saya jadi kangen pengen ke makassar...:D

    ReplyDelete

Berkomentar yang sopan sangat disenangi, komentar spam akan di hapus. Thanks!!