08 March 2010

Tari Kecak di Acara Cultural Night BYU Hawaii


Setelah beberapa waktu lalu ikutan pentas tari Likok Pulo, semalam ada acara Cultural Night di Bringham Young University Hawaii (BYUH) di Kulanui Street. tapi kali ini kami akan menampilkan tari kecak. 

Tempatnya lumayan jauh dari tempat kami, kalau naik bus bisa sampai 2 jam perjalanan, tapi jalur alternatif buat mobil bisa di tempuh kurang lebih 1 jam.


Di acara cultural night di BYUH ini, anak-anak Indonesia akan menampilkan tari kecak yang di latih oleh bli Made setiap jumat malam selama sebulan lebih. Pesertanya gabung antara mahasiswa BYUH, UH Manoa, dan penggembira seperti aku dan mas Trisno.

Tari kecak sendiri adalah pertunjukan seni khas Bali yang dipertunjukkan oleh banyak penari laki-laki. Kecak berasal dari ritual sanghyang yaitu tradisi tarian yang penarinya akan berada pada kondisi tidak sadar, melakukan komunikasi dengan Tuhan atau para leluhur dan kemudian menyampaikan harapan-harapannya pada masyarakat.



Sebenarnya tari kecak itu menggunakan kain kotak-kotak hitam putih, tapi karena kami tidak punya kostum itu kami menggantinya dengan kain batik dengan atasan dan bawahan hitam.




Acara cultural night akan mulai jam 10.00 malam, kami berangkat dari Hale manoa jam 5 lewat biar bisa nyampe lebih awal dan bisa latihan sebelum tampil. Sampai di BYUH jam 7, makan malam ganti pakaian, latihan trus tampil.


Agak deg-degan juga soalnya gedungnya lumayan besar dan penontonnya banyak sekali, mahasiswa dan masyarakat sekitar. Dan penampilan kecak yang perdana buat kami, sukses.




3 comments:

Berkomentar yang sopan sangat disenangi, komentar spam akan di hapus. Thanks!!