10 May 2010

Menari Likok Pulo di SHangri La Hawaii

Salah satu kegiatan saya disini yaitu gabung bersama teman-teman mahasiswa Indonesia di University of Hawaii Manoa (UHM) dalam kegiatan seni. Sejak saya gabung januari 2010 sudah beberapa kali kami tampil dalam beberapa acara, ceritanya ada disini. Nah semalam (8 mei 2010), kami tampil lagi membawakan likok pulo tapi kali ini eventnya lebih bergengsi karena kami tampil di Shangri La.

Shangri La adalah sebuah rumah milik Doris Duke yang dibangun 1937. Dalam rumah ini banyak koleksi seni Islam sehingga jadinya seperti museum. Shangri La merupakan salah satu tempat yang biasa dikunjungi wisatawan yang berkunjung ke Hawaii. Shangri La ini di percantik dengan halaman belakang berupa samudera pasifik dan gunung diamond head.


Halaman belakang Shangri La, berlatar samudera pasifik dan gynung Diamond Head

Sayangnya kita tidak diperbolehkan foto bagian dalam Shangri La ini, padahal penataan dan koleksinya benar-benar cantik mulai dari dinding, plafon, karpet, perabotan, keramik dari banyak negara seperti Iran, Turki, dan lain lain. Untuk cerita tentang Shangrila bisa di baca disini lengkap dengan gambar dalam ruangan, buat yang gak mudeng bisa juga kog baca disini.

Kembali ke soal tarian, kenapa saya bilang penampilan kami kali ini bergengsi, karena saat itu Shangri La mengadakan acara kesenian. Shangri La ini tidak setiap hari mengadakan pertunjukan seni buat tamu-tamu mereka, jadi kadang kalau ada wisatawan yang datang mereka hanya di bawa tour keliling museum ini. Nah sewaktu-waktu Shangri La mengadakan pertunjukan seni di halaman samping. Dan kali ini buat pengunjung dikenakan tarif $50 per orang, tapi kami bersyukur banget bisa masuk Shangri La tanpa harus bayar, lucky us. Acaranya seperti pesta kebun, pokonya keren deh..., eh ada adiknya Obama juga loh, Maya Soetoro.
Maya Soetoro berbaju pink cardigan hitam

Kami ngumpul di kampus jam 12 buat latihan dan makan siang, setelah itu kami di jemput oleh bus yang di  sediakan oleh pihak Shangri La,uuuuhhh serasa jadi turis. Sampai di Shangril la kami di sambut dengan sangat ramah oleh security dan seorang ibu pengelola Shangri la ini, sepertinya dia yang jadi guide buat wisatawan yang datang kesini, menjelaskan satu persatu setiap ruangan beserta isinya. Kami diantar menuju tempat yang akan kami tempati buat nari trus diantar ke ruangan tempat ganti pakaian. Setelah itu kami latihan dulu kemudian ganti pakaian. Jam 4.30, tamu sudah mulai banyak memenuhi taman yang berada di samping rumah ini. Tamannya cukup luas dan di bawah taman ini ada kolam renang, di sisi kanan taman ada samudera pasifik..benar-benar suasana yang cantik.


Rombongan kami menampilkan 3 jenis tarian, randai, likok pulo dan kulintang. Sebelum kami tampil, para tamu diajak keliling melihat tiap ruangan di Shangri La ini. Kami menari jam 5 sore, dan setelah pagelaran musik selesai waktunya makan ditemani sunset...cantik deh pokoknya. Tamu satu persatu pulang dan semua usai sekitar jam 08.00, setelah tamu pada pulang giliran rombongan kami yang di ajak keliling rumah ini. Sayangnya kami dilarang mengambil gambar.
Para tamu menikmati makanan ditemani sunset


Buat yang pengen liat penampilan kami, silahkan klik video di bawah ini, dan foto-foto saat acara bisa dilihat disini

 

Untuk postingan selanjutnya akan saya coba cerita pemilik dari Shangri La ini "Doris Duke".

4 comments:

  1. Pengalaman yang sangat mengesankan bisa menari di Shangri La Hawaii. Walau baru beberapa kali latihan dan dengan perasaan dag dig dug ternyata bisa tampil mempesona. Selamat dan sukses.

    ReplyDelete
  2. Wow sahabatku ini ternyata penari hebat. Apalagi yang dibawakan merupakan atraksi seni budaya bangsa. Saya benar-benar kagum. Semoga kecintaan terhadap seni negeri sendiri terus langgeng dan terwatiskan. Sukses ya

    ReplyDelete
  3. ARUS RASYID: Justru kebanyakan mahasiswa2 Indo belajar seni Indonesia setelah di Luar negeri seperti teman2 mahasiswa disini. Belajar gamelan, tari kecak, tari likok pulo, randai, dan lucunya karena ada beberapa yang pelatihnya justru bukan orang Indonesia...:))

    ReplyDelete

Berkomentar yang sopan sangat disenangi, komentar spam akan di hapus. Thanks!!