12 May 2010

Doris Duke sang Pemilik Shangri La Hawaii


Postingan kali ini untuk menepati janji saya yang akan sedikit bercerita tentang Doris Duke sang pemilik Shangri La Hawaii tempat kami menari beberapa waktu yang lalu, bisa di lihat disini.

Doris Duke (22 Nov 1912 - 28 Okt 1993), adalah anak tunggal dari James Buchanan Duke pendiri American Tobacco Company dan Duke Power Company. Ayahnya meninggal tahun 1925 saat umur doris duke 12 tahun, dan doris duke mewarisi harta ayahnya senilai $100 juta ($100 juta tahun 1925..woooowwww).


Doris duke menikah dua kali, pertama pada tahun 1935 dengan HR James Cromwell. Dan setelah dua tahun keliling dunia, Doris duke dan suaminya tiba di Hawaii dan membangun sebuah rumah bernama Shangri La. Dari pernikahan ini mereka memiliki anak bernama Arden yang lahir prematur dan hanya bertahan 24 jam. Namun pasangan ini bercerai tahun 1943. Pernikahan keduanya pada 1 September 1947 dengan Porfirio Rubosa, tapi juga berakhir dengan perceraian.

Doris duke sangat senang dengan berbagai budaya. Contohnya yang ada di Shangri La ini, adalah koleksinya dari berbagai negara khususnya seni Islam Asia tenggara.

Shangri La ini terletak di tepi pantai yang isinya banyak karya seni dan fitur-fitur arsitek Islam dari Iran, Suriah, Maroko, Turki dan India. Shangri La ini di bangun antara 1936 - 1939 dan merupakan salah satu tempat dengan  koleksi seni islam terbesar di Amerika

Di Shangri-La, Doris mengumpulkan tak kurang dari 3.500 benda bernuansa Timur Tengah dan Islam. Mulai dari gelas, piring, sendok, dan garpu, juga lampu gantung sampai mihrab masjid dari berbagai negeri muslim. Sebuah mihrab yang dibelinya dari Iran telah berusia ratusan tahun. Ada juga guci, keramik, dan kamar mandi, berbagai kaligrafi dan karpet.

Slide di bawah ini menggambarkan sebagian dari rumah Doris Duke's di Hawaii "Shangri La", gambar-gambar ini saya ambil dari beberapa web. Bisa juga dilihat disini.



Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Doris_Duke
http://www.christies.com/special_sites/duke_jun04/article.asp?article=1
http://www.biography.com/articles/Doris-Duke-9542083
http://www.mi.sanu.ac.rs/vismath/bier/index.html
http://www.hawaiimuseums.org/mc/isoahu_shangrila.htm
teguhtimur.com/2008/03/17/shangri-la/

2 comments:

  1. Artikel yang bagus ,Terimakasih share dan infonya
    Sukses selalu

    ReplyDelete
  2. Terima kasih juga Lulus sutopo sudah berkunjung di rumah maya saya...:)

    ReplyDelete

Berkomentar yang sopan sangat disenangi, komentar spam akan di hapus. Thanks!!