07 September 2010

Lebaran!!!!!!!


1 Syawal
Jam 5 subuh, saya dan 3 adik perempuanku segera bangun. Ada yang membantu mama menyiapkan makanan untuk di santap selepas shalat Ied, ada yang beres-beres rumah dan sebagian yang lain mandi mengingat kami berenam harus bergantian mandi di 1 kamar mandi. Saya empat bersaudara plus mama dan papa. Si-bungsu dan saya memilih mandi terakhir sambil memasak air untuk di gunakan mandi. Si bungsu yang alergi dingin terpaksa harus mandi air hangat bila tidak ingin tubuhnya penuh biduran saat berangkat shalat Ied maklum kampung saya sangat dingin. Saya sendiri memilih mandi air hangat bukan karena alergi tapi lebih pada rasa tidak suka mandi air es, yah air di kampung saya sangat dingiiiinn jangankan subuh siang terik saja serasa mandi air es.

Jam 6.30, berangkat ke lapangan tempat di laksanakannya Shalat Ied. Sepanjang jalan telah banyak juga yang berjalan berkelompok. Masing-masing menggunakan baju andalannya. Shalat Ied berlangsung kurang lebih 1 jam. Selepas khutbah, saling bersalaman memohon maaf. Begitupun sepanjang jalan pulang, setiap yang di temui saling bertegur sapa dan saling bermaafan.

Tiba di rumah, sungkeman sama papa karena di lapangan tadi tidak sempat ketemu. Sungkeman selesai, waktunya menyantap masakan mama: burasa, sokko, bundu-bundu, sup ayam, ayam tumis kecap, ayam tumbuk saos cabe..mmm betapa nikmat rasanya. Selesai bersantap, saatnya ke rumah nenek. Di sana telah berkumpul semua sepupu, tante, om. Rumah nenek ini, memang jadi rumah induk.

Ahhhhhhhh tanpa kusadari mata ini berkaca-kaca mengingat ritual yang hampir tiap tahun kami lakukan di rumah kami, di sebuah kampung yang jauhhh dari hiruk pikuk kota. Ditambah mendengar suara takbiran MP3 diatas yang merupakan suara takbiran khas yang tak akan kutemui disini.

Mama...papa....anakmu saat ini memang jauuuuhhhhh di belahan benua lain, tapi hati ini bersama kalian. Berlebaran disana. I miss U mama,Papa, & My sisters!!!!!!!

Mama-Papa, Mohon Maafkan dosa-dosa anakmu ini...... Minal Aidin wal Faidzin.



Honolulu, Sept 6 2010
Ditulis dengan perasaan campur aduk

0 comments:

Post a Comment

Berkomentar yang sopan sangat disenangi, komentar spam akan di hapus. Thanks!!