06 September 2010

Ramadhan yang Akan Beranjak Pergi

Ramadhan tersisa 4 hari lagi, entah tiba-tiba ada rasa sedih yang berkecamuk dalam hati. Mungkin karena sebentar lagi lebaran, dan untuk pertama kalinya harus melewati malam Idul Fitri tanpa mendengar takbiran keliling seperti ritual hidup selama 29 tahun terakhir.

Puasa ramadhan di Indonesia, dengan penduduknya mayoritas muslim tentunya suasana ramadhan sangat terasa. Tiap sahur, hampir semua tempat ada sekelompok anak muda yang berkeliling kompleks membunyikan tiang listrik, kentongan atau malah panci masak untuk membangunkan warga sekitar. Bila tiba waktu iftar, ritual khas di kampung saya yaitu menunggu ko' alias sirene berbunyi sebagai tanda iftar.

Hal unik dan dirindukan juga yaitu munculnya pedagang dadakan di hampir sepanjang jalan, yang menawarkan beraneka ragam jajanan untuk berbuka puasa. Suasana ramadhan lainnya yaitu warung makan, restoran banyak yang tutup. Kalaupun ada yang buka seperti KFC misalnya, mereka memasang tirai sebagai bentuk penghargaan terhadap umat muslim yang menjalankan ibadah puasa.

Nah bagaimana menjalankan puasa ramadhan di tengah minoritas muslim? Hal ini yang membuat ramadhan kali ini sungguh sangat berkesan buat saya sehingga menyisakan cerita yang lain dari ramadhan-ramadhan sebelumnya. Ramadhan kali ini bertepatan dengan summer di United States, sehingga cuaca sangat panas dan waktu siang yang lebih panjang di banding malam. Hal lain yang membuat puasa disini lebih memiliki cerita dan makna tersendiri buat saya pribadi adalah karena kita berpuasa di tengah orang yang asyik makan, minum, wanita-wanita yang berpakaian mini dan menggoda iman sang lelaki yang sedang berpuasa..he..he.he.

Dan yang pasti...mall-mall disini tidak ada antrian panjang dan manusia yang berdesak-desakan mencari pakaian buat lebaran dan massiara.

Apapun itu, semoga Allah menerima amal ibadah puasa kita. Semoga kita masih di pertemukan dengan Ramadhan berikutnya dalam keadaan sehat wal afiat. Amin ya rabbal alamin.
Honolulu, 26 Ramadhan 1431 H

0 comments:

Post a Comment

Berkomentar yang sopan sangat disenangi, komentar spam akan di hapus. Thanks!!