25 September 2010

Menggunakan Cellphone di Sini

Cellphone atau di Indonesia lebih akrab dengan sebutan hand phone, disini harganya boleh dibilang lebih murah. Tapi justru bertolak belakang dengan pulsa atau disini disebut airtime. Airtime disini harganya gila-gilaan. Mari coba kita bandingkan.

Kartu Prabayar

Disini ada beberapa provider yang menawarkan sistem prabayar. Biasanya kartunya di jual satu paket dengan cellphone nya. Jadi cellphonenya tidak bisa di gunakan untuk sim card lain begitupun sebaliknya, sim card nya tidak bisa di gunakan untuk cellphone lain.

Pulsanya sendiri atau airtime harganya lumayan mahhal apalagi kalau di kurs ke rupiah. Untuk air time 120 menit = 2 jam harganya $19 sekitar 170 ribu. Airtime ini juga kadang ada promonya, jadi harus pintar-pintar nyari promo. Provider kadang memberi bonus airtime jika kita membeli cellphone tertentu. Misalnya provider yang saya gunakan, Tracfone. Tracfone ini punya 4 jenis cellphone dengan harga yang berbeda-beda. Untuk yang paling murah harganya hanya $9 atau sekitar 80 ribu rupiah, ada juga yang harga $19 merk LG tipe LG420G, dan yang termahal adalah samsung T301G dengan harga $29. Untuk pembelian samsung tipe  T301G ini, anda akan dapat bonus yang berlaku selamanya. Bonusnya yaitu tiap pembelian airtime anda akan dapat bonus kelipatannya, jadi kalo beli airtime 120 menit, otomatis langsung bertambah menjadi 240 menit.
 
Tapi tiap provider berbeda jenis promonya. Ada lagi yang namanya straigh talk, hanya dengan $30 anda dapat airtime 1000 menit, tapi sayangnya tidak bisa untuk international call. Dan straigh talk ini tidak menggunakan simcard, jadi semacam no suntik.

Kartu Pascabayar

Kalau mau gunakan Iphone terbaru harus gunakan kartu pasca bayar. Tapi sistemnya harus kontrak selama 2 tahun. Jadi kita membayar deposit sebanyak $200 dan Iphone pun bisa anda gunakan. Hanya saja pembayaran tiap bulannya itu minimal $50, anda pakai atau tidak pakai. Kita bisa saja membatalkan kontrak setelah 6 bulan, Iphone jadi milik anda dan uang depositnya mereka ambil. Tapi jika anda bertahan sampai 2 tahun, depositnya akan di kembalikan, cellphone nya tetap jadi milik anda.

Hanya saja yang bikin gregetan disini, menelepon atau menerima telepon tetap bayar. Kirim dan menerima sms tetap bayar. Jadi kalau anda gunakan kartu prabayar dan pulsanya sudah habis, otomatis anda tidak bisa menerima telepon lagi. Jadi kalau menelpon seseorang, jangan berprasangka dulu kalau dia tidak mau menerima telepon anda, bisa saja dia kehabisan pulsa....he..he

Saya pribadi punya trik tersendiri kalau kebetulan lagi di rumah, kebetulan laptop OL hampir 12 jam sehari. Gmail selalu stand by, ketika seseorang nelpon saya baik saya punya airtime atau tidak telepon langsung saya reject. Dan akan saya telepon balik via Google voice yang gratis ke nomor mana saja di US...he..he. Lumayan airtimenya bisa buat nelpon ke Indonesia...:)

2 comments:

  1. Hmm....Indonesia punya kelebihan juga yach dalam harga pulsa talktime yang murah. hehehehe....kalau saya menelepon sesama xl di pagi hari aja cuma habis sekitar 300 rupiah untuk percakapan selama 10 menit. Coba dech tuh di-Dollar-in jadi berapa...hehehehe

    ReplyDelete
  2. @Lomar Dasika: iya..bener ..murah pulsa di Indo. Disini nerima telepon aja malas..:D

    ReplyDelete

Berkomentar yang sopan sangat disenangi, komentar spam akan di hapus. Thanks!!