19 October 2010

Jenis Koin di Amerika

Tentu semua pada tau apa itu coin alias koin, di Indonesia kita juga memiliki beberapa pecahan koin. Koin Rp 25 mungkin sudah tidak ada lagi pedagang yang mau menerimanya. Paling sebel kalau lagi belanja terutama di mall-mall trus total belanja kita Rp 59.550, kembalian yang masih Rp 450 diganti ama permen. Emang mau mereka dibayar pake permen ?????????? Alasannya gak ada koin...payah!!!

Beda dengan disini, di Honolulu dan di state Amerika lainnya, koin senilai 1 cent (=$0.01) pun masih beredar dan masih digunakan untuk transaksi baik di super market ataupun di China town yang mirip pasar kita di Indonesia bedanya gak ada becek dan sedikit lebih rapi meskipun untuk ukuran sini termasuk sangat kotor.

Disini beredar 6 pecahan koin yaitu :

Koin 1 cent = $ 0.01, koin ini dikenal dengan nama Penny. Diameternya 19.5 mm, terbuat dari campuran timah dan tembaga, warna cokelat kemerahan seperti tembaga.

Koin 5 cent = $ 0.05, koin ini dikenal dengan nama Nikel. Diameter 21.21 mm, terbuat dari campuran tembaga dan nikel, warnanya perak.

Koin 10 cent = $0.1, koin ini dikenal dengan nama Dime. Diameter 17.91 mm, terbuat dari campuran tembaga dan nikel, warna perak.

Koin 25 cent = $0.25, koin ini dikenal dengan nama quarter. Diameter 24.26 mm, terbuat dari campuran tembaga dan nikel, warna perak.

Koin 50 cent = $0.5, koin ini dikenal dengan nama half dollar. Diameter 30.61 mm, terbuat dari campuran tembaga dan nikel, berwarna perak. Sejak disini, saya belum pernah menemukan koin jenis ini.
Koin $1, dikenal dengan nama gold(en) dollar. Diameter 26.50 terbuat dari tembaga, seng, mangan dan nikel, berwarna emas. Koin ini jarang di temukan

1 comments:

  1. Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.yohanwibisono.com, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

    ReplyDelete

Berkomentar yang sopan sangat disenangi, komentar spam akan di hapus. Thanks!!