17 October 2010

Makanan Khas Hawaii

Telah 9 bulan lebih saya berada di Honolulu Hawaii, sebuah pulau kecil bernama Oahu Island yang pernah saya posting tentangnya disini. Kali ini saya mencoba memposting makanan khas masyarakat pribumi disini, makanan khas Hawaii. Saya baru sekali mencobanya dan jujur saya belum bisa mengatakan enak atau tidak karena belum mencobanya 2-3 kali. Untuk lidah saya, harus mencoba lebh dari 1x untuk bisa mengomentari apakah itu enak atau tidak, seperti halnya ketika pertamakali makan pho, soup khas Vietnam. Awalnya saya sangat tidak suka, apalagi bau daun ketumbar yang sangat menyengat, tapi setelah mencobanya 2-3 kali, saya malah ketagihan bahkan mencoba beberapa restoran vietnam untuk membandingkan rasa yang di tawarkan dan sejauh ini pho di Chinatown belum tertandingi.., begitu juga dengan peking duck makanan khas China. Nah loh kog malah ngomongin makanan lain..he..he


Saya mencoba memberi informasi tentang 3 atau 4 Hawaiian food

Lomi-lomi

Nama sebenarnya adalah lomi salmon, namun disini lebih dikenal dengan nama lomi-lomi. Lomi-lomi terbuat dari irisan ikan tuna berbentukdadu, irisan tomat segar dan bawang khas dari Maui Island. Dinamakan lomi-lomi karena tekhnik pembuatannya dengan memijat, yaitu mencampur bahan tadi dengan cara memijat (lomi-lomi dalam bahasa Hawaii adalah pijat). Lomi-lomi ini selalu disajikan dalam keadaan dingin.




Poi

Poi terbuat dari talas, orang Hawaii menyebut kalo untuk talas. Poi dibuat dengan menumbuk talas hingga halus kemudian di masak hingga kental. Penambahan air hanya dilakukan saat di haluskan dan sesaat sebelum di makan.  

Note: aku belum pernah nyobain gimana rasanya...he..he





Poke

Poke merupakan salad ikan, terbuat dari ikan tuna mentah yang disiram bumbu. Poke dalam bahasa Hawaii berarti "potongan kecil". Poke ini mirip sashimi, makanan khas Jepang yang juga terbuat dari tuna.







Laulau
Lalulau adalah daging babi yang di bungkus daun talas, tapi isinya sudah mulai banyakdi variasikan mulai dari isi ikan, ayam, ataupun beef.

1 comments:

Berkomentar yang sopan sangat disenangi, komentar spam akan di hapus. Thanks!!