16 April 2011

Lei



Pertama kali liat lei secara langsung pas ada acara farewell party teman yang akan balik ke Indo. Waktu itu saya baru 3 bulan disini. Kemudian pas ada acara graduation teman-teman yang study disini, tepatnya bulan Mei. 


Sejak itu saya mulai tau adat kebiasaan disini, yaitu untuk beberapa acara misalnya farewall party, graduation, defense, birthday kita selain memberikan ucapan selamat kita juga menghadiahkan sebuah Lei. 

Lei adalah sebuah kata dalam bahasa Hawaii yang berarti kalungan bunga, karangan bunga, atau rangkaian bunga berbentuk lingkaran. Dalam pengertian luas, lei adalah untaian benda-beda yang dibuat untuk dipakai atau dikalungkan.

Dalam kebudayaan Hawaii, bentuk lei yang paling populer adalah karangan bunga yang dikalungkan di leher tamu. Pihak tuan rumah mengalungkan lei ke leher tamu untuk mengucapkan selamat datang atau selamat jalan ketika tamu hendak pulang. Konsep lei untuk menyambut tamu menjadi populer setelah wisatawan dari daratan Amerika Serikat berdatangan di Kepulauan Hawaii pada abad ke-19 dan abad ke-20. Lei juga diberikan sebagai ucapan selamat, rasa simpati, tanda cinta, hadiah upacara wisuda, atau ucapan selamat ulang tahun.
Sekarang ini, Lei tidak hanya terbuat dari bunga tapi juga ada yang terbuat dari kayu. Ada juga yang di pasang di kepala namanya haku.

Beberapa hari lalu saya shopping di wallmart, sekalian liat-liat lei karena niat mau kasih teman yang akan mendapat penghargaan dan beasiswa di comunity college minggu depan. Tidak nyangka harga lei ternyata tidak murah, tadinya kupikir harganya hanya $1 - $2  eh ternyata yang harga segitu lei yang terbuat dari bunga plastik sementara yang bunga segar ataupun yang terbuat dari kayu harganya $7 - $20. Karena tertarik dengan yang bunga segar tapi takut keburu layu maka kupikir lebih baik belinya pas hari H atau paling cepat sehari sebelumnya dan ku ingat juga dekat rumah ada toko lei flower.
Siang tadi sekitar jam 5 sore, saya coba jalan ke toko yang jualan lei dekat rumah. Toko ini selalu ramai tiap kali ada graduation di University of Hawaii. Ternyata di sana pilihan lei nya lebih variatif dan harganya lebih murah ketimbang di wallmart yah meskipun cuman beda $1-$2. Lei disini 90% dari bunga segar sehingga lei dimasukkan dalam box plastik dan disusun rapi dalam refrigerator hal ini di maksudkan agar lei tetap segar. Ada 8 refrigerator besar ditoko ini. 


Pilihanku jatuh pada lei dari bunga segar berwarna ungu. Sempat juga kutanyakan pada pelayannya apakah lei ini harus ku masukkan di refrigerator agar bisa tahan sampai besok siang. Semoga aja lei-nya gak layu, belum sempat ku foto takut kenapa-kenapa..ha..ha..ha, besok aja sekalian ama orangnya...:)

1 comments:

  1. Lei..oh Lei. asyik dong Mbak, Lei nya terpasang di tubuh. sehingga menambah keindahan. oh.. ya... bannernya perlu di upgrade di photobucket Mbak. Jadi saya ganti dengan link text aja ya..., nanti jika sudah diganti saya kembalikan ke link banner lagi. salam from Mempawah Indonesia.

    ReplyDelete

Berkomentar yang sopan sangat disenangi, komentar spam akan di hapus. Thanks!!