ePrivacy and GPDR Cookie Consent by Cookie Consent Review Oven Listrik Kirin KBO-200RAB ~ KOTAK BINTANG

31 August 2013

Review Oven Listrik Kirin KBO-200RAB


Setelah sekian lama tidak update tulisan, hari ini semangat banget buat posting karena dapat inspirasi dari oven listrik kirin baru hadiah dari suami http://www.smileycodes.info

Sejak sma saya dah mulai suka baking-baking, khususnya kue kering & roti manis kalau cake saya malas bin ogah bin enggan karena udah 4-5x bikin dan belum pernah sukses apalagi kalau harus hias-hias cake seperti blackforest atau kue tart. Kalau kue kering sih bukannya sukses terus tapi lumayan sering berhasil.

Sebelum beli oven ini, saya tentunya liat-liat review. Via google saya nemuin beberapa riview oven listrik kirin diantaranya bakingnfood, oven hunting, dan beberapa milis serta forum. Saya belinya di toko Alaska jalan Pengayoman Makassar, awalnya nyari yang 19 liter tapi stok nya gak ada. Yang ada stoknya cocok di hati dan kantong itu tipe KBO-200RAB. Adapun spesifikasinya:

  • Volatase 220V
  • Daya listrik api atas 400 watt
  • Daya listrik api bawah 400 watt
  • Kapasitas 20 liter
  • Berat 5.9 kg
  • Pengatur waktu 60 menit
Setelah mantap lihat-lihat barulah memantapkan hati beli oven kirin ini. Saya belum bisa banyak review karena baru pake sekali, kemarin saya coba bikin nastar keju. Di resep, panas oven 150 derajat selama 15 menit tapi setelah bunyi ting dari timernya kukernya masih lembek banget jadi suhunya saya naikin jadi 180 dan tambah waktu 5 menit. Hasilnya perfecto alias sempurna. Ini gambar oven dan hasil bakingnya


Seperti yang saya baca di blog bakin n food, ovennya mesti di 'gauli' terlebih dahulu biar bisa lebih akrab http://www.smileycodes.info, lebih tahu kalau kuker berapa suhu dan berapa menit kalau cake suhu dan waktunya berapa lama.

Sekian dulu reviewnya, nanti kalo sudah baking lagi saya update lagi yah.

UPDATE 15 JANUARI 2018

Melihat banyak pengunjung yang datang di postingan ini, saya jadi merasa perlu nambahin reviewnya setelah oven ini sudah 4,5 tahun bersama saya.

Oven kirin ini lumayan tangguh menurut saya, selama bersama saya, alhamdulilah nda pernah rewel sekalipun.

Hasil bakingnya juga perfect. Saya sudah menggunakan oven ini untuk panggang berbagai jenis kue kering, brownies, lava cake, sponge cake, macaroni schootel.

Eeehh iya, oven ini saya gunakan buat bakulan kue kering ramadhan tahun 2017 kemarin.

Pas buat kue kering, saya gunakan oven ini selama 2 minggu lebih. Sehari bisa sampai 5 jam oven ini nyala. Pernah juga ada pesanan 15 sponge cake, saya panggang nonstop di oven ini dari jam 4 subuh sampai jam 12 siang.

Tagihan listrik? Pasti emak-emak mikirnya kesini. Di rumah kebetulan daya listrik 1300, oven kirin ini 400 watt api atas, 400 watt api bawah. Alhamdulilah selama pakai nda pernah tagihan listrik melonjak. Pas ramadhan kemarin kan jualan kuker, oven nonstop 5 jam perhari selama 2 minggu. Sudah deg-degan dengan tagihan listrik, alhamdulilah tidak ada kenaikan yang besar. Naiknya waktu itu cuman 20 ribu. Nah oven kirin sekarang yang 20L kan lebih hemat listrik, kalau nda salah cuman 600 watt untuk api atas bawah.

Nah kalau keurangan oven ini, talan alias wadah manggang kuenya cuman 2. Jadi mesti beli lagi, cuman kalau beli mesti perhatikan baik-baik ukuran talan dan ovennya.

Kalau manggang ikan dan ayam, saya nda pernah coba. Jadi tidak bisa review. Mungkin kapan-kapan mau coba.

Ok, sekian reviewnya.


4 comments:

  1. informasi yang sangat membantu =D

    ReplyDelete
  2. Maaf mba mau tanya kalau manggang sponge cake apa harus pakai api atas bawah?dan untuk memanaskan oven apa juga harus atas bawah apinya?
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  3. Kak boleh bagi resep kuexa yg dipanggan sama oven kirin 200 rab g?

    ReplyDelete
  4. Sya baru beli oven kirin kbo 200rab...sesuai prosedur hrus d panaskan dulu untuk membuat bau di oven hilang...tp saya agak bingung,timernya memang bunyi tik tik tik gt ya...sepanjang oven menyala?

    ReplyDelete

Berkomentar yang sopan sangat disenangi, komentar spam akan di hapus. Thanks!!