ePrivacy and GPDR Cookie Consent by Cookie Consent TANTANGAN KBB #53 TRIPLE CHOCOLATE MOUSSE CAKE ~ KOTAK BINTANG

31 August 2016

TANTANGAN KBB #53 TRIPLE CHOCOLATE MOUSSE CAKE

Pertamakali liat email dari KBB untuk tantangan 53 ini saya agak ragu untuk mencobanya. Dipostingan saya beberapa waktu lalu, saya sudah pernah mengatakan kalau saya tidak berbakat dalam membuat cake, Apalagi melihat bahan dan cara buatnya ada beberapa hal yang tidak familiar dengan saya, plus saya juga tidak memiliki loyang springfom.


Setelah berkali-kali membaca resepnya, kemudian membandingkan dengan resep lainnya, melihat youtube cara pembuatannya akhirnya saya bertekad menaklukan tantangan ini meskipun dengan hasil yang gagal nantinya. dengan bantuan google, saya mencari tahu beberapa hal yang tidak saya mengerti. Dengan pengetahuan seadanya saya mencobanya meskipun demikian saya sudah membayangkan kalau cake ini nanti bakal berakhir di tempat sampah nantinya. Kegagalan di depan mata (lebay dot com).


Memulainya pagi hari dengan mencincang coklat, kemudian berhenti dan meyakinkan hati lagi dengan menonton youtube berkali-kali.

Karena saya tidak memiliki springfom  pan, saya menggunakan plastik mika dengan membentuknya seperti ring, mengunci kedua ujungnya dengan stampler. Ide ini saya dapatkan di salah satu blog, sayangnya saya lupa alamat blognya.

plastik mika sebagai cetakan pengganti loyang springfom
Kemudian untuk pemanggangan cake dengan metode waterbath (au bae marin) saya tidak merendam pan dalam air karena saya tidak memiliki aluminium foil. Saya mendapat trik dari cakefever.com, trik 2 rak. Loyang berisi adonan di letakkan di atas rak sementara loyang yang terisi air di letakkan di bawah rak.

tekhnik au bae marine dengan rak susun
Saya pun memodifikasi jumlah dari beberapa bahan diresep ini, seperti jumlah coklat yang saya kurangi karena pengalaman saya untuk resep-resep luar  negeri biasanya sangat manis dan khusus untuk lapisan white chocolate saya hanya menggunakan setengah resep karena orang rumah tidak begitu suka dengan aroma colat putih. Dan karena alasan yang sama saya menambahkan glaze siram untuk lapisan atas cake ini sehingga aroma coklat putih bisa tertutupi.  

Saat membuat cake-nya saya merasa kegagalan sudah di depan mata, ketika mencampur coklat telur butter dengan kocokan putih telur gula, adonan terasa encer, berminyak dan tidak menyatu. Setelah dipanggang cake-nya sangat lembek. Tapi saya tetap lanjut, dalam hati berkata gagalpun akan tetap saya laporkan. Dan setelah melewati semua tahap, Cake yang awalnya saya pikir bantat ternyata hasilnya begitu memuaskan, apalagi rasanya benar-benar mantap manisnya juga pas banget. Suami sampai request cake ini buat lebaran idul adha nanti...hehehe senang rasanya.

Berikut resep dari tantangan KBB #53
TRIPLE CHOCOLATE MOUSSE CAKE

Bahan:
Cake
170 gram      semisweet chocolate berkualitas tinggi, cincang (resep asli 10 oz = 289 gram)
4 buah           telur
70 gram        gula pasir
¼ sdt             garam (saya skip karena menggunakan salted butter)
1 sdt              vanili
110 gram      butter suhu ruang  (resep asli 1/2 cup)

Lapisan Chocolate Mousse
170 gram      semisweet chocolate berkualitas tinggi, cincang (resep asli 10 oz = 289 gram)
355 ml          heavy whipping cream 
1 sdt             unflavored gelatin
2 sdm           air dingin

Lapisan Chocolate Mousse
80 gram       semisweet chocolate berkualitas tinggi, cincang (resep asli 7 oz)
250 ml         heavy whipping cream (resep asli 1 1/2 cups)
1 sdt             unflavored gelatin
2 sdm           air dingin

Cara pembuatan:

Cake
  1. Panaskan oven 1800C. olesi loyang ukuran 24 cm dengan butter/margarine, lapisi dengan kertas panggang, olesi lagi dengan butter/margarine.(Resep asli menggunakan Loyang bongkar pasang/springfoam).  Cake akan dipanggang dalam waterbath (au bain marie), saya menggunakan trik panggang rak susun
  2. Lelehkan chocolate pada panas rendah pada doule boiler
  3. Tempatkan putih telur dalam mangkuk besar, tambahkan 1/3 bagian gula pasir kemudian kocok dengan kecepatan rendah. Secara bertahap tingkatkan kecepatan dan teruskan mengocok hingga fluffy, kemudian tambahkan sisa gula dan vanili. Kocok lagi hingga semua gula larut dan berbentuk meringue mengkilap (hamper soft peak)
  4. Menggunakan whisk, campur mentega ke dalam cokelat leleh hingga tercampur, lalu tambahkan kuning telur. Tambahkan separuh bagian adonan putih telur ke dalam adonan cokelat, aduk perlahan. Lalu tambahkan adonan putih telur yag tersisa ke dalam adonan coklat, aduk rata.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang, panggang 26-28 menit (hingga tes tusuk gigi menunjukkan bagian tengah kue matang).
  6. Keluarkan cake dari oven dan biarkan dingin di suhu kamar, putar pisau di sekeliling loyang dan keluarkan cake. Cetak cake menggunakan plastik mika yang telah di bentuk bulat sehingga cake yang akan kita gunakan tertinggal dalam plastic mika tersebut. Masukkan dalam kulkas.




Lapisan Chocolate Mousse
  1. Letakkan cokelat yang telah di cincang ke dalam mangkuk tahan panas.
  2. Dalam wadah kecil, lunakkan gelatin dengan 2 sdm air dingin. Sisihkan.
  3. Didihkan 150 ml heavy whipping cream, tuang di atas cokelat cincang, aduk perlahan hingga halus dan cokelat meleleh. Jika cokelat tidak meleleh sepenuhnya, panaskan kembali campuran cokelat pada panas rendah dan terus aduk hingga meleleh.
  4. Panaskan gelatin yang sudah lunak dengan api kecil, aduk untuk melarutkannya. Jika sudah tidak ada gumpalan, adukkan gelatin ke dalam cokelat leleh.
  5. Kocok 200 ml heavy whipping cream yang tersisa hingga soft peak. (Jangan over whip!!!)
  6. Adonan cokelat harus bebas dari gumpalan dan suhu harus sekitar 270C
  7. Tambahkan sekitar separuh dari whipped cream ke cokelat dan kocok perlhan hingga semua tercampur, kemudian aduk dengan tekhnik aduk lipat (fold)  whipping cream yang tersisa.
  8. Tuang mousse di atas cake yang didinginkan dalam ring plastic mika, ratakan permukaannya dengan spatula. Tempatkan kembali dalam kulkas


Lapisan White Chocolate Mousse

  1. Untuk lapisan white chocolate mousse ini, gunakan cara kerja lapisan chocolate mousse diatas dengan menggunakan cokelat putih yang telah di cincang. Hati-hati agar cokelat putih tidak terlalu panas saat di lelehkan, jika terlalu panas cokelat akan terpisah dan tidak bisa di gunakan lagi.
  2. Tuang mousse cokelat putih di atas lapisan chocolate mousse. Dinginkan kembali di kulkas.




Saya menambahkan cokelat glaze siram sebagai topingnya, berikut bahan dan cara kerjanya:
Glaze
70 gram chocolate, cincang
80 gram heavy whipping cream (di timbang)
3 sdm madu
1 sdm minyak goring

Cara kerja :

Panaskan heavy whipping cream, matikan api. Masukkan madu dan minyak, aduk rata.
Tuang glaze di atas white chocolate mousse. Dinginkan kembali di kulkas minimal 4-5 jam atau semalaman.
Sebelum di sajikan, putar pisau tipis di sekeliling cetakan, dan buka plastik mika perlahan.

Triple chocolate mousse siap di santap.


Tantangan KBB kali ini, sangat berkesan buat saya, apalagi hasilnya begitu perfect menurut orang rumah hehehe. Dan tidak lupa saya ucapkan "Selamat Ulang Tahun yang ke 9 buat KBB, semoga makin hebat"

1 comments:

  1. Waa asli sih langsung pengen coba beli bahan2nya sesuai yang diartikel trs cobain masak pake resep inii. makasi banyak yah!

    ReplyDelete

Berkomentar yang sopan sangat disenangi, komentar spam akan di hapus. Thanks!!