ePrivacy and GPDR Cookie Consent by Cookie Consent Kue Sarang Semut (Caramel Cake Indonesia) Tantangan #KBB52 ~ KOTAK BINTANG

31 May 2016

Kue Sarang Semut (Caramel Cake Indonesia) Tantangan #KBB52

Ini resep tantangan kedua buat saya dari KBB. Sumpah saya deg-degan mengeksekusi resep ini karena saya karena saya jarang sukses kalau bikin cake. Entah cakenya melengket di cetakan, cakenya tidak mengembang bahkan kadang mentah bagian tengahnya hehehehe.


Saya sempat menunda-nunda untuk mengikuti tantangan kbb #52 ini. Sempat malah kepikiran untuk izin aja hehehe. Tapi setelah browsing tips dan trik resep ini, akhirnya saya memberanikan diri mengeksekusinya.


Kue Sarang Semut (Caramel Cake)
Resep by Erik Kusuma

Note: pakai takaran cangkir gelas belimbing (vol ± 200 ml)
Bahan A:
500 gr                          gula pasir putih
2 gelas                         air suhu ruang
Masak gula hingga jadi karamel. Masukkan air saat gula sudah berwarna coklat, aduk sesekali saja saat gula kelihatan mencair. Jika terlalu sering diaduk akan menggumpal.
Bahan B
1 ½  gelas                    tepung terigu segitiga biru (pake gelas 200cc)
½  gelas                       tepung tapioka

Bahan C
6 butir                         telur
1 sdt                            baking powder
1 sdt                            baking soda
½  sachet (± 100 gr)    margarine, lelehkan
½ kaleng                      susu kental manis
Cara membuat:
1.      Kocok telur dengan whisk/spatula hingga rata. Kocok satu arah (searah/berlawanan jarum jam).
2.      Tambahkan baking powder dan baking soda, aduk terus dengan arah yang sama.
3.      Tambahkan margarine, aduk terus dengan arah yang sama, tidak perlu sampai larut.
4.      Tambahkan tepung terigu dan tapioka, aduk satu arah hingga margarine larut.
5.      Masukkan susu kental manis, terus aduk satu arah. Semakin lama pengadukan yang dilakukan di tahap ini, hasil seratnya akan semakin bagus.
6.      Masukkan karamel yang sudah dingin. Aduk rata. Tuang di loyang tulban yang sudah diolesi margarine dan tepung terigu.
7.      Panggang suhu 180oC selama 45 menit atau hingga kecoklatan, gelembung diatas cake sudah kempes. Potong setelah dingin.

Proses pembuatan caramel




Pembuatan kue ini buat saya agak tricky pas bagian membuat karamel. Karena takut gosong, saya terlalu cepat menambahkan air sehingga warna cakenya tidak nyoklat tapi malah keemasan hihihi

Dan inilah hasil penampakan kue sarang semut hasil dari dapur saya, buat saya hasilnya kurang memuaskan. Minusnya itu warna cake yang tidak nyoklat dan sarang semutnya kurang. Tapi berharap semoga bisa tetap lulus di tantangan kali ini biar bisa jadi anggota tetap KBB.

Hasil tantangan kue sarang semut



0 comments:

Post a Comment

Berkomentar yang sopan sangat disenangi, komentar spam akan di hapus. Thanks!!