ePrivacy and GPDR Cookie Consent by Cookie Consent Itinerary Liburan Kami di Malang (Liburan Keluarga) ~ KOTAK BINTANG

21 December 2018

Itinerary Liburan Kami di Malang (Liburan Keluarga)

Ini pengalaman pertama kami liburan dengan 3 anak (2 balita). Liburan ke Malang, kami menghabiskan waktu 1 minggu. Sengaja ambil 1 minggu karena memperhitungkan anak anak yang pasti butuh istirahat.

RABU
Jam 17.30 sore meninggalkan Makassar menuju Surabaya. Pilih penerbangan sore karena pakswami masih ada kerjaan pagi. Sampai Surabaya nginap semalam di Sahid hotel samping stasiun Gubeng. Karena hotelnya persis di belakang rel kereta,  saya gak bisa tidur nyenyak karena suara kereta cukup mengganggu hiks. Jadi kalau mau cari hotel jangan di Sahid deh,  cari saja hotel di sekitaran Gubeng,  banyak kog.

Note:
Saya gak tau kalau ternyata ke Malang naik kereta gak harus ke Surabaya dulu hahaha. Cukup naik di stasiun kereta Sidoarjo, jadi tidak terlalu jauh dari bandara Juanda. Nginapnya juga bisa cari daerah Jemursari yang tidak terlalu jauh dari sidoarjo. Kalau ke Gubeng dari Sidoarjo cukup jauh. Saya baru ngeh setelah balik dari Malang, kereta kami singgah di stasiun Sidoarjo. Next time bakal coba jalur ini, karena pengalaman itu guru yang berharga hahha ngeles.

KAMIS
Pagi jam 6 kami sarapan trus check out. Dari hotel menuju stasiun Gubeng,  kereta yang saya pilih kereta terakhir menuju Malang jam 7.20. Kelas Bisnis kereta Mutiara Selatan. Tiket kereta kelas bisnis 45 rb/org. Kereta dari surabaya menuju Malang semuanya pagi.

Jam 9.38 pagi sampai di Malang. Trus langsung menuju Batu menggunakan Gocar. Kalau mau naik gocar mesti jalan sekitar 100 meter dari stasiun karena gocar di larang ambil penumpang depan stasiun. Kalau kamu banyak barang bisa pakai jasa porter. Perjalanan ke Batu sekitar 40 menit.

Setelah check in nyari makan trus balik hotel lagi buat istirahat.  Kalau gak bawa anak-anak pasti langsung cuzzz hehehe.

Oiya kami nginap di Apple green hotel. Dekat dari jatim park,  dekat dari alun alun kota Batu dekat dari mall. Awalnya tertarik mau coba guest house, karena tertarik baca review orang yang pernah nginap di omah etan guest house. Tapi pas hitung-hitung kog harganya malah lebih mahal dengan extra bed trus ukuran kamar lebih kecil. Jadinya milih di hotel. Kamar luas, bersih, ada wifi ada air panas,  staff ramah,  bisa early check in hehe free pula. Ratenya bisa di lihat di traveloka,  kami pilih kamar deluxe twin bed.

Jam 14 siang,  kami ke Jatimpark 3. Cuma masuk di Dinopark,  selesai mengelilingi Dinopark jam 5. Trus mampir di upside down world dan virtual arena depan dinopark. Setelah itu nyari makan,  balik hotel istirahat. Di Dinopark ada museum dinosaurus,  kemudian ada kereta yang akan membawa kita berpetualang di lima zaman. Eh sebelum berpetualan kita di nontin film dulu mengenai dinosaurus. Setelah berpetualang di lima zaman,  kita melewati jembatan akar. Kemudian bermain di beberapa wahana,  ada playground,  pendulum,  naik perahu, dll.

Harga tiket masuk Dinopark :
* 75 rb weekdays -  100 rb weekend dan hari libur (berlaku mukai anak yang tingginya 85 cm)
* Saya beli tiketnya di Traveloka pas dalam perjalanan menuju jatimpark 3, untuk 4 orang saya bayar 256 rb lumayan dapat diskon kurleb 50 rb
*Tiket upside down world 35 rb dewasa, 25 rb anak anak.
* Arena virtual,  15 ribu per game

Jatimpark 3 ini berada dalam kawasan mall, banyak cafe dan tempat makan di sini. Dalam kawasan Dinopark juga banyak yang jualan, harganya pun masih manusiawi tidak mencekik seperti biasanya di tempat wisata.

Dari jatimpark 3 sekitar jam 7 malam,  kami ke arah selecta cari makan tepatnya di waroeng bamboe. Suasanya enak,  tempat makan lesehan dengan kolam ikan di tengahnya. Udara dingin dan kabut bikin makan malam kami jadi lahap hehehe. Dari sini langsung balik hotel istirahat.  Hari pertama di Batu cukup melelahkan tapi menyenangkan.

JUMAT

Jam 9 pagi setelah sarapan,  kami menuju jatimpark 1. Dari tempat kami menginap perjalan nda sampai 10 menit. Sampai jatimpark 1 masih sepi.

Di jatimpark 1 ini ada lebih dari 50 wahana yang bisa kamu coba dengan gratis. Jadi bayarnya cuman pas masuk saja,  include dengan semua wahana.

Masuk jatimpark 1 di mulai dengan museum budaya,  banyak patung patung yang menceritakan kisah kisah budaya dari banyak tempat.  Kami tidak berlama lama di sini karena Ahdan tidak nyaman dengan suasananya. Bergeser masuk ke dalam, akan ada ruangan semacam laboratorium mini,  biologi - kimia dan fisika.  Dari coba kertas lakmus,  cermin seribu bayangan, katrol,  dll. Abila lumayan betah di sini. Ada juga tempat belajar membatik,  saya dan Abila sempat coba menggunakan canting dan malam.

Setelah itu kami mencoba wahana-wahana. Kk Abila spesial wahana ekstrim hehe.  Di sini juga ada water park yang sangat luas. Sayangnya kami tidak sempat mencobanya padahal sudah siap dengan baju renang. Sepeda santai berdua di atas rel melihat kota Batu dari atas juga nda sempat saya coba padahal itu wahana yang ada dalam list sebelum ke jatimpark. Gara garanya karena jam 2 mendadak hujan deras, semua wahana di hentikan plus pakswami yang mendadak sakit kepala akut. Jadilah kami pulang ke hotel.

Di jatimpark 1 ini kami tidak sempat masuk ke museum tubuh. Kalau masuk ke sini beda lagi tiketnya.

Di jatimpark 1 juga banyak yang jualan makanan,  murah pula. Sempat beli gorengan harga 2 rb,  es teh 4 rb. Oiya di pintu keluar jatimpark ada banyak yang jualan ole ole semisal kerupuk,  baju kaos. Saya sedikit menyesal tidak belanja baju kaos di sini karena di luar ternyata susah nyarinya.  Kalau kerupuk bisa beli di Brawijaya pusat ole ole meskipun menurut saya di sini agak mahal di banding di batu paradise atau di lancar jaya Malang.

Sampai di hotel semua istirahat,  malam baru kami keluar lagi.  Kami ke alun alun kota Batu,  dari tempat kami menginap cuma 5 menit naik gocar.  Ini semacam pasar malam, banyak makanan khas di jual di sini. Eh ad warung khas mesir juga dekat alun alun. Kami sempat coba sop kambing dan kambing ovennya.
Dari alun alun balik hotel istirahat.

SABTU
Hari ini jadwalnya ke jatimpark 2 nama lain dari Batu Secret Zoo. Masuk ke sini bakal liat banyak hewan yang sebelumnya belum pernah kamu lihat.  Monyet berkepala singa,  harimau putih, dll. Keluar dari zoo kita di sambut dengan banyak wahana yang juga free. Bisa nonton atraksi Singa laut, mengendarai unta atau gajah.

Ada kolam renang juga,  tapi kami malah tidak bawa persiapan renang.

Di sini makanan sedikit lebih mahal di banding jatimpark 1 dan 3.

Pulang dari jatimpark 2 sudah hampir magrib.

Mengelilingi jatimpark 123 itu ternyata tak cukup kalau hanya 1 hari hehe. Kami yang datangnya pagi pulang magrib masih ada saja wahana yang belum sempat di coba.

Kalau mau puas mengelilingi Batu,  harus 1 minggu khusus di Batu saja.  Kami tidak sempat ke eco green park,  jatimpark 3 tidak selesai,  BNS,  museum angkot.

MINGGU
Saatnya bersantai,  kami sengaja bangun telat.  Istirahat sebelum meninggalkan Batu. Jam 10 packing trus keluar cari ole ole, pusat ole ole Brawajiya cukup dekat dengan tempat kami nginap. Hanya berjalan kaki 3 menit. Setelah itu cari makan trus check out. Jalan lagi menuju Malang dengan gocar. Di Malang nginap 1 malam di maxone,  anak anak ngadem di kamar saya keluar jalan jalan berburu kuliner. Sorenya sempat renang di rooftopnya maxone. Besoknya menuju Surabaya.

SENIN
Siangnya kami check out,  trus titip barang kami pergi cari makan siang trus mampir di lancar jaya beli ole ole.  Disini ole olenya lebih murah. Sempat ke soak ngalam juga beli kaos. Trus ke stasiun kereta.

Kereta dari Malang ke Surabaya itu adanya siang.  Kali ini kami coba kelas eksekutif kereta Bima.  Rasanya bisnis dan eksekutif sama saja menurut saya,  sama sama bersih,  ber AC, bedanya cuma kursinya eksekutif sedikit lebih empuk. Harga tiket eksekutif 60 rb/org.

Sampai Surabaya hampir magrib,  nginap semalam di sini. Malamnya cari makan bebek sinjay khas bangkalan trus lanjut ke tunjugan Plaza.

SELASA
Paginya kami check out langsung ke Bandara.

Selesailah petualangan kami explore Malang.

Note
* Sebaiknya pilih stasiun Sidoarjo saja,  tak usah jauh jauh ke Gubeng.
* Nginap juga pilih daerah Sidoarjo atau jemursari yang tidak begitu jauh dari Sidoarjo.
* Beli tiket pilih flight+hotel di traveloka (kalau masih ada promo hehe).  Karena promo hanya berlaku 1x untuk tiap akun,  saya beli tiket flight+hotel pergi dari akun pakswami dapat diskon 360 rb.  Tiket flight+hotel pulang dari akun saya dapat diskon 390 rb.  Lumayan kan tiket pesawat pp plus hotel dapat diskon 750 rb hehehe
* semua tiket wahana juga belinya di Traveloka,  karena lebih murah dan dapat diskon.  Kalau mau bandingkan harganya bisa lihat di sini kok  sama di traveloka.
* Saat pilih hotel,  saya carinya yang tidak mewah tapi tidak jorok.  Yang penting nyaman buat tidur,  prinsipnya jangan pilih yang mahal coz hanya buat tidur.  Waktu kita bakal banyak di luar. Yang penting bersih,  berAC,  mandi air panas, tempatnya dekat dari mana mana.  Cari taunya yah rajin baca review.
* Kalau mau ke Bromo,  sebaiknya datang langsung nginap di Malang dulu.  Trip pertama sebaiknya ke Bromo, karena kalau sudah mengelilingi jatimpark anak anak sudah lelah duluan.
Ke Bromo itu harus midnight trip,  jadi di jemput sama jeep jam 12 malam di tempat kamu nginap. Tripnya selesai sekitar jam 10 pagi di antarlagi ke penginapan.  Biayanya 250 rb/org.
Kami tidak sempat ke Bromo karena belum berani bawa Ayzar (14m). Next trip insya Allah bakal coba ke Bromo.

Sekian cerita tentang itinerary kami selama di Malang.