ePrivacy and GPDR Cookie Consent by Cookie Consent Liburan Bersama Bayi ~ KOTAK BINTANG

10 January 2019

Liburan Bersama Bayi

Liburan sambil membawa bayi itu tantangan tersendiri, apalagi plus balita. Membayangkan saja kadang sudah rempong duluan.

Kali ini saya mau berbagi pengalaman liburan bersama bayi dan balita. Liburan kami ke Malang pergi berlima,  saya,  pak swami,  Abila 12 tahun,  Ahdan 4 tahun & Ayzar 1y2m.


💼 Bawaan koper 💼

Tak usah bawa koper banyak banyak, meskipun jatah free bagasi banyak.

Kami punya jatah free bagasi 80 kg tapi cuman bawa 3 koper kecil ukuran 20 berat total cuma 35 kg.

Kenapa nda banyak?  Karena yang bisa merhatiin barang cuman salah satu dari saya atau pak swami, kalau satunya urus barang satunya mesti urus anak-anak. Beda kalo nda bawa bayi+balita,  mau bawa barang segambreng sampai over bagasi juga nda papa coz punya banyak tenaga buat ngawasin barang bawaan 😀

💼 Isi Koper liburan 1 Minggu 💼

Pakaian tidur Ahdan & Ayzar masing-masing 2 pasang, 1 nya buat cadangan. Karena cuman di pake bobo jadi buat saya nda papa di pake berulang.
Pakaian rumah Ahdan Ayzar bawa masing masing 3 pasang. Tiap pasang di pake berulang coz di pakenya cuman 2 -  3 jam pas lagi istirahat dari jalan.
Pakaian jalan Ahdan Ayzar,  celana masing masing 2 trus baju kaos kurang lebih 4 lembar.
Saya,  pak swami dan Abila,  bawa jeans 2 perkuat di baju kaos hehe.
Jangan lupa baju renang yah.

Jadi pas hari ketiga liburan,  saya cari jasa laundry kiloan yang ekspres.  Dapatnya 10 rb/kg, di antar jemput ke hotel. Pagi cuciannya di jemput trus malamnya di antarkan. Bayar 35 rb, lumayankan. Nda perlu bawa banyak barang plus pulangnya juga nda bawa banyak cucian kotor.

Oiya,  dalam koper saya juga bawa 1 selimut bulu plus 1 selimut kain tipis. Dan ini berjasa pake banget. Jadi tiap kali booking hotel selalu minta yang twin, ini bukan tanpa alasan. Minta twin biar dapat 2 bed cover,  secara kami berlima kalau selimutnya cuman 2 akan terjadilah perang tarik selimut haha.

Bawaan lain selain pakaian yaitu stroller tidak kalah pentingnya,  pilih stroller yang memang di desain untuk traveling.  Karena selain ringan,  body langsing,  stroller tipe ini juga mudah di bawa-bawa,  bisa masuk cabin pula. Kalau tidak punya,  bisa sewa. Banyak kog yang menyewakan stroller tipe ini. Di Makassar kisaran harga 150 rb/minggu atau 250 rb/sebulan.


🛩️ Di Pesawat 🛩️

Saya sempat khawatir ke Ayzar sebelum liburan kami. Karena dia bayi yang tidak bisa diam, tidak bisa di alihkan perhatiannya,  cepat bosan. Setiap kali kami berkendaraan khususnya naik mobil,  dia akan duduk di lantai mobil trus berpindah ke sana ke mari. Di bujuk dengan video, makanan,  nenen juga tidak bakal mampu buat dia duduk manis di pangkuan bunda hahaha.

Kalau Ahdan,  cukup dengan sekantong makanan dia akan sangat tenang duduk manis. Apalagi di tambah nonton video, lupa waktulah dia. 

Karena blum mendapatkan trik yang pas buat Ayzar,  saya pun blog walking dan ketemu satu tips (sayangnya saya lupa nama blognya) "saat di ruang tunggu, biarkan sang anak bermain sampai capek dengan harapan pas di pesawat nanti si bayi kecapean dan tidur pulas"

Saya coba praktekin,  tapi 30 menit sebelum boarding Ayzar sudah keburu ngantuk. Dan pas jalan menuju pesawat,  bayinya bangun dong haha. Mommynya mulai resah dan gelisah. Tapi pas di pesawat, Ayzar malah duduk tenang makan cemilan.

🚃 Selama di Perjalanan 🚃

Bukan cuman pas di pesawat,  tapi di kereta dan mobil saat perjalanan pergi dan pulang liburan jangan lupa menyiapkan cemilan buat anak anak. Bukan hanya cemilan seperti kerupuk,  permen tapi juga yang mengenyangkan semisal roti. Kalau perlu bawa bekal sedikit, kemarin pas dari Makassar bawa nasi plus telur rebus. Dari Surabaya ke Makassar bawa nasi plus ayam goreng. Ini buat jaga jaga kalau si anak+bayi kelaparan trus yang jualan nda ada. Kalau di kereta api lumayan coz bisa beli nasi goreng.

Cemilan plus bekal ini bikin anak nda rewel, nda gampang sakit.

🏖️ selama Liburan 🏖️

Selama liburan,  hal yang paling saya jaga jangan sampai ada yang sakit. Bisa berabe kalau ada yang sakit. Utamanya anak-anak.

Saya membekali anak dengan madu. Jadi tiap malam sebelum tidur,  anak anak saya kasih minum madu. 

Setiap pagi juga sebelum memulai adventure semua mesti sarapan,  meski cuma cereal dan susu yang penting perut gak kosong.

Tips yang lain,  jangan pernah telat makan. Dan jangan sampai keasyikan trus lupa kalau anak-anak butuh istirahat.

Liburan sama anak balita dan bayi,  mesti banyak pengorbanannya haha.  Selain siap rempong,  juga siap siap rencana nda selalu sama dengan yang terjadi di lapangan. Kadang niatnya kita mau seharian full,  ehh baru jam 2 udah ada rengekan mau pulang, bosan, atau rengekan tak mau berlama-lama di suatu spot. Contoh nih,  pas lagi di jatimpark 1 saya dan Abila lagi asyik belajar membatik,  Ahdan sudah teriak teriak bosan trus Ayzar rewel mau nenen hahaha

Tapi liburan kali ini benar asyik,  semua happy. Ahdan dan Ayzar yang pertamakali naik pesawat,  pertamakali keluar pulau sulawesi,  pertamakali naik kereta mereka berdua senang dengan liburannya,  special Ahdan yang mulai sering nagih kapan liburan lagi haha,  tunggu mamak nabung lagi yah 😀😂. 

Abila lebih senang lagi ,  setelah 6 tahun baru bisa liburan naik pesawat. Mommy dan daddy tak kalah senang karena anak anak senang yeeayy


0 comments:

Post a Comment

Berkomentar yang sopan sangat disenangi, komentar spam akan di hapus. Thanks!!