16 January 2010

Bajabu ikan (dapur ita dot com)

"Bajabu" kalo orang sulawesi selatan pasti tau yang namanya Bajabu. Bajabu bentuknya sama dengan abon tapi bahannya dari ikan. Jadi Bajabu sama dengan abon ikan.

Resep bajabu ini saya dapat dari mama, dan pastinya saya bawa dong resepnya ke Honolulu.

Awalnya pengen bikin bajabu gini. 3 hari tiba di Honolulu, pak Made ngasih ikan cakalang (Cerita tentang pak made bisa di klik disini). Ikannya banyak, saya sudah masak, goreng, panggil beberapa teman indo dari east west
center tapi ikannya tidak habis-habis juga. Bosan dengan ikan, ganti dengan ayam dan telur.
Trus bosan ayam, telur masak ikan lagi. Kali ini saya sengaja masak ikan yang banyak, rencana pengen bikin bajabu. Berikut resep bikin ikan masak + Bajabu nya (versi dapur ita dot com).

Ikan Masak

Ikan Cakalang yang besar di potong kotak, dibersihkan kemudian di masak dengan bawang putih 1 siung di iris tipis, bawang merah 1 siung di iris tipis, serai 1 batang di keprek, lengkuas seruas ibu jari di keprek, kunyit secukupnya, garam secukupnya dan air asam. Semua di masak sampai matang.

Berikut resep bajabu versi dapur ita dot com

Bahan:
  • 300 gram Ikan Cakalang yang sudah di masak
  • 600 ml Santan


Bumbu
  • 2 siung Bawang putih
  • 2 siung Bawang merah
  • 3 cm jahe
  • 3 biji cabe rawit (boleh tambah kalo suka pedes)
  • merica secukupnya
  • garam secukupnya


Cara membuat
  1. Ikan yang telah dimasak, dibuang tulangnya. Kemudian di tumbuk atau di suir-suir kecil
  2. Haluskan merica, bawang putih, jahe, cabe rawit, garam.
  3. Iris tipis bawang merah
  4. Campur ikan yang telah dihaluskan, bumbu yang telah dihaluskan, irisan bawang merah, santan, dan air ikan dalam wajan.
  5. Masak sampai benar-benar kering, kurang lebih 2-3 jam.
Ini dia hasilnya.

Enak loh di makan dengan nasi panas, tanpa sayur...mmmm, yummi Smiley

0 comments:

Post a Comment

Berkomentar yang sopan sangat disenangi, komentar spam akan di hapus. Thanks!!