12 March 2010

Workshop Kesehatan


Barusan aku dan k agus dari acara workshop yang di adakan oleh beberapa Head start bekerja sama dengan Department kesehatan Honolulu, Hawaii.


Pesertanya para orang tua murid dari beberrapa child care, Head start tapi sayangnya tidak semuanya bisa ikut. Contohnya saja di sekolah tempat Abila Head start Kuhio hanya 3 orang tua murid yang ikut dari 18 murid yang ada. Padahal acaranya sangat bagus, banjir ilmu, banjir makanan dan banjir hadiah pula.


Acaranya mulai jam 8.30, kami di jemput oleh bus sekolah dari sekolah Abila jam 8.00 pagi menuju tempat yang sayang aku lupa namanya. Tempatnya sebuah gedung pertemuan, dan pesertanya lumayan banyak dari beberapa child care yang ada di bawah bendera Head Start tentunya.

Sampai di tujuan kami registrasi dan di berikan 2 buku cerita anak-anak. Masuk ruangan sarapan sudah siap roti, kopi, teh dan buah melon. Sambil sarapan acara di mulai, pembicaranya 2 orang. Satu dari bagian gizi dan 1 nya lagi dari dokter gigi.

Photobucket


Dari bagian gizi, memberikan ceramah kekhawatiran pemerintah disini dengan semakin meningkatnya jumlah anak yang mengalami obesitas. Katanya hampir 1/3 anak di US mengalami obesitas. Penyebabnya karena gaya hidup, misalnya makan makanan yang berlemak, junk food, kurang bergerak akibat game, nonton TV, dll. 


Mereka menyarankan untuk perbanyak makan makanan bergizi, perbanyak makan buah. Oiya mereka juga memberikan sebuah brosur berjudul "Eat The Rainbow", maksudnya bukan makan pelangi loh..tapi makan buah dan sayuran berbagai macam warna karena tiap warna memberikan efek yang berbeda buat kesehatan. Misalnya buah warna merah seperti tomat, strawbery menjaga kandung kemih tetap sehat, daya ingat tetap kuat. Mereka juga memberi resep  rainbow sereal kami disuguhkan makanan ini sangat enak menurutku, mereka menyarankan membuat itu untuk anak-anak di rumah sebagai sarapan ataupu cemilan. Tentang 'eat the rainbow' dan resep rainbow sereal akan aku share dipostingan berikutnya. Soalnya kalau di bahas disini postingan ini bakal kepanjangan.


Setelah bagian kesehatan nutrisi sekarang giliran dokter gigi. Banyak sih yang beliau cerita tapi intinya kita dan spesial buat anak-anak mesti sikat gigi 3x sehari, habis sarapan, setalah makan siang dan malam sebelum tidur.


Di acara workshop ini juga di adakan semacam pameran, jadi ada beberapa stand yang kta datangi setelah acara ceramah tadi selesai. Ada stand yang menyediakan jus apple, lasagna, kotak obat, tempelan kulkas gambar buah apel, buku resep makanan sehat, odol+sikat gigi, tanaman+pupuk, ada juga stand yang memberikan brosur tentang bahaya merokok, stand yang menyediakan brosur bagaimana mengurangi kadar gula dalam makanan agar terhindar diabetes, stand yang menyediakan brosur family guide the health emergencies. Tiap stand akan memberikan sedikit penjelasan, jadi tidak sekedar ambil trus pergihttp://www.smileycodes.info

Photobucket


Photobucket

Photobucket
Aku dan k agus juga masing dapat door prize, juga dapat hadiah dari game yang di adakan.
setelah berkeliling waktunya pulang, di pintu keluar panitia sudah menyiapkan 1 buah tas berisi buah apple, jeruk, baby carrot, jeruk.

Photobucket


Kami pun diantar pulang oleh bus sekolah yang tadi membawa kami.., perjalanan yang menyenangkan http://www.smileycodes.info.

0 comments:

Post a Comment

Berkomentar yang sopan sangat disenangi, komentar spam akan di hapus. Thanks!!