12 April 2010

Working Permit di USA

Alhamdulilah minggu kemaren aku udah dapat working permit alias ijin kerja dari pemerintah Amerika berupa authorization card plus SSN nya. Bingung yah??? he..he. Ceritanya gini, di Amerika sini kita tidak bisa kerja secara legal tanpa memiliki authorization card, beda dengan beberapa negara seperti misalnya Australia yang tidak mengsyaratkan pengurusan working permit ini. Working permit ini pun tidak mudah ngurusnya dan tidak semua yang apply bisa di approve permohonannya.

Visa itu beda-beda, ada visa turis, visa student, visa bisnis dan lain-lain. Visa student juga beda-beda ada visa F, visa M dan visa J. Visa F1, M1, J1 adalah student sementara F2, M2 dan J2 adalah spouse dan anak mereka. Aku tidak begitu tau apa perbedaan ke semua visa tersebut, yang aku tau hanyalah bahwa visa F baik F1 ataupun F2 tidak di perbolehkan bekerja hanya boleh sekolah, sementara visa J1 boleh kerja tapi dalam lingkungan kampus seperti menjadi asisten dosen yang disini lebih dikenal dengan TA, trus pemegang visa J2 itu boleh sekolah juga boleh kerja di mana saja yang penting tujuan kerja bukan untuk membantu biaya sekolah/hidup spousenya alias pemegang visa J1.

Beruntung aku bisa berangkat dengan visa J2, jadi aku bisa cari kerjaan setelah mendapatkan working permit ini. Adapun cara mendapatkan working permit ini :

  • Isi form I-765, bisa di download disini
  • pembayaran sejumlah $340
  • Fotocopi kartu I-94 (depan dan belakang)
  • Fotocopy DS2019 J1 dan J2
  • Foto 2 lembar ukuran 5x5 cm
  • Surat penjelasan meminta izin untuk bekerja

Berkas-berkas diatas dikirim ke alamat yang telah ditentukan, untuk daerah Hawaii dikirim ke San Fransisco. Untuk lebih jelasnya bisa di download disini.

Aturannya, pengumuman apakah permohonan kita di approve atau di tolak itu 2-3 bulan setelah pengiriman berkas. Alhamduliah aku menerima kartu ijin kerja setelah menunggu 1,5 bulan.

Setelah menerima kartu ijin kerja via pos, harus urus sosial security number (SSN) dulu baru bisa ngelamar kerja. SSN ini di urus di state government tiap state, dan butuh waktu 2 minggu baru kartu SSN nya selesai.

Sekarang kartu ijin kerja + kartu SSN udah ditangan, waktunya apply kerja. Doain yah biar cepat dapat kerja....amiiiin. Soalnya kan Amerika masih merasakan dampak krisis ekonomi, jadi susah-susah gampang katanya buat nyari kerja di negara Obama ini.

Update 17 April 2010
Semalam ketemu teman yang suaminya alumni fulbret, ngobrol sana-sini dan akhirnya sampai pada working permit. Dia jga pernah apply working permit tapi setelah nunggu 2.5 bulan working permitnya baru di approve dan sayangnya lagi ijin kerjanya itu hanya berlaku 4 minggu...

Kenapa bisa hanya sebentar masa ijin berlakunya?? itu pasti pertanyaan yang muncul, kemudian dia bercerita kalau ijin kerja itu akan berlaku sesuai DS 2019 yang kita miliki. Dan sebelum dia ngurus ijin kerja itu dia gak tau (aku pun baru tau semalam), jadilah ijin kerja yang dia urus dengan biaya $340 harus sia-sia.

Ini info sangat menarik buat teman-teman yang akan mengurus working permitnya.

7 comments:

  1. hebaatt..kok bisa. siy???
    sebelumnya apply job dulu ya disana baru urus working permitnya?

    ReplyDelete
  2. @ My Beauty Flash: Aku belum kerja, baru dapat working permit. Disini gak boleh kerja (boleh sih tapi ilegal) kalo belum punya working permit.

    ReplyDelete
  3. selamat ya mba,..
    dulu juga temen saya juga pernah study di Kanada,trs VISA nya emang yg ga boleh kerja gitu.. tapi dia tetap mau kerja mba,biar bisa bantu biaya hidupnya,dll.. akhirnya dia kerja di rumah makan,dan dibayar dengan makanan,dll..yang pasti berbentuk barang bukan uang.. nah kalo ini termasuk legal juga kan... ini trik dia katanya,,supaya bisa survive..he..

    ReplyDelete
  4. @ Klik Dana : Kalo menurut saya kerja teman anda ilegal karena dari visa tdk membolehkan kerja, disini juga banyak yg kaya' gitu tapi gaji tetap berupa uang cuman di bawah standar upah minimum.

    Btw thanks yah udah mau mampir & comment

    ReplyDelete
  5. Mau nanya Info nih, saya dapat panggilan kerja dari luar ( eropa)dua bulan lalu tapi batal karena tidak ada working permit, tapi disuruh ngurus working permit) sendiri dan biaya sendiri.
    Apakah working permit seperti tiu dapat diurus di indonesia dan berapa lama? Terus sesudah working permit dapat baru visa atau gimana?

    ReplyDelete
  6. Alo Seaching Info, kalo working permit Eropa saya tidak tahu sama sekali. Maap tidak bisa bantu :(

    ReplyDelete
  7. Bisakah kita urus working permit dari indonesia untuk lamar kerja di US saat belum ada tawaran kerja?

    ReplyDelete

Berkomentar yang sopan sangat disenangi, komentar spam akan di hapus. Thanks!!