ePrivacy and GPDR Cookie Consent by Cookie Consent Kursus English di Honolulu ~ KOTAK BINTANG

28 May 2010

Kursus English di Honolulu


Baca judulnya mungkin ada yang ngomong, di amrik kog ada kursus bahasa Inggris?? 

Awalnya saya juga heran bercampur senang pas tau ada kursus bahasa Inggris disini. Yang lebih bikin saya senang lagi karena kursusnya free alias gratis http://www.smileycodes.info.

Infonya dapat dari teman-teman di state lain, katanya tiap istri dari student itu dapat fasilitas/program ESL (English as a Second Language) dari kampus. Saya dan suami coba ke kampus tanyain soal ini dan benar saja, programnya ada. Tapi tempatnya lumayan jauh dari tempat kami tinggal.


Beberapa minggu kemudian, saya ketemu dengan Annie Reynolds, warga Amerika (Iowa) bersuamikan Made Widana, dari nama pasti udah pada tau Made Widana itu orang mana. Kami ketemu di acara Piknik Yuk yang saya posting beberapa waktu lalu disini. Annie cerita kalau suaminya ikut ESL yang khusus buat orang dewasa dan free.


Annie memberikan link nya, saya dan suami pun coba telpon dan visa saya available untuk ikutan kursus ESL free ini. Cuman waktu itu saya belum langsung apply karena masih membantu Abila untuk adaptasi disekolahnya. Setelah Abila sudah enjoy, saya pun coba daftar program ESL ini.


Tempatnya tidak begitu jauh dari apartment kami, naik bus sekitar 15-20 menit. Tempatnya namanya McKinley Community. Sampai disana, registrasi dan langsung tes. Tes ini untuk penempatan, apakah saya dapat ESL 1,2,3,4 atau 5. Sayapun ikutan tes, ruangannya lumayan luas dan banyak nenek-nenek loh usia mereka sekitar 50-an. Kebanyakan dari Asia seperti korea, Jepang, vietnam, Arab, dll.


Tes berlangsung sekitar 30 menit, dan masing-masing peserta tidak bersamaan mulainya. Siapa datang langsung tes. Sebelum tes, hanya di beritahu waktu tes 30 menit. Mulailah saya bergelut dengan soal-soal yang ternyata tesnya banyakan pelajaran English jaman SMP. Jawabnya pake lembar jawaban komputer, yang di bulat-bulatin pake pensil itu loh....


Saya menyelesaikan soal sebanyak 25 nomor itu tidak sampai 30 menit, lah wong soalnya pelajaran SMP. Contoh, ada gambar escalator ama tangga, pertanyaannya tangga sebelah mana?, ini pertanyaan yang paling gampang. Kalo pertanyaan yang paling susah saya gak tau, yah saya gak tau artinya apa jadi jawabnya juga asal...he..he


Selesai tes, saya diminta duduk untuk menunggu hasil scan jawaban saya. Jadi selesai tes didepan ruangan ada scan dan computer yang langsung memeriksa hasil tes kita. 2 menit, hasilnya keluar. Ibu yang ngawasin saya ujian datang menghampiri saya sambil membawa hasil tes saya dan standar scoring di Mckinley ini. Dia datang sambil berbisik (soalnya peserta lain disamping kiri, kanan, belakang saya sedang tes),

Ibu: Ini hasil tes anda, dari 25 soal jawaban anda benar ....(lupa). Ini standar scor di tempat kami, karena anda jawaban benarnya sekian, anda berarti ada di level 4 yang artinya Intermediet. Pernahkah anda belajar bahasa Inggris sebelumnya?

saya: High school (sambil senyam-senyum gak nyangka bisa level 4 padahal Englisnya bego amat!)

Ibu: Sudah berapa lama anda di Honolulu?

Saya: 5 bulan (masih mikir, lembar jawabannya apa gak ketukar ama yang lain?)

Ibu : Anda benar mau kursus?

Saya : Ya

Ibu : Kenapa? Anda mau melanjutkan sekolah?

Saya : Saya mau kursus karena saya tidak mengerti kalo orang ngomong. Saya bukan mau lanjut sekolah tapi mau nyari kerja.

Ibu : Baiklah. kalo begitu anda harus mengikuti satu tahapan tes lagi. Tunggu saya 5 menit yah!!
Saya : OK. (sambil mikir lagi, baik banget ibu ini melayani saya, tapi apa benar saya dapat ESL 4 = intermediet???)


5 menit berikutnya, si Ibu datang bawa lembar jawaban dan test book. Saya di beri waktu 1 jam untuk menyelesaikan 38 soal. Puyeng juga, susahhh banget. 1 jam berlalu, sayapun menyerahkan hasil tes saya. Si ibu mengambil lembar jawaban saya dan memberikan saya secarik kertas bertuliskan nama saya, nama teacher saya, ruangan kelas dan level kelas saya. Kursus mulai 7 Juni 2010...


Nerves juga nunggu waktu kursusnya,...gimanaya, apa aku bego sendirian nantinya dikelas????????

6 comments:

  1. wah, bener2 gratis ya itu. ngajarnya full bahasa inggris donk. menarik jjuga ya tinggal disana...

    ReplyDelete
  2. disana ada komunitasnya juga nggak sih, misalnya antar wrga indonesia saling ketemu ?

    ReplyDelete
  3. @Dimas & Artikel Internet OL:

    Yang ngajar orang Amrik asli!!!

    Kalau komunitas warga Indo disini ada, ngumpulnya kadang tapi gak sering...:)

    Btw, thanks kalian udah mampir disini

    ReplyDelete
  4. wow..asyik banget ya bisa kursus gratis.. untuk visa J-1 boleh ikut nggak?

    ReplyDelete
  5. @Simple-learning : Kalo visa J-1 saya juga kurang tau apa boleh atau gak. Maaf jawabannya tidak membantu

    ReplyDelete
  6. oh gpp kok mbak.. saya baru mendapat jawaban dari academic adviser, katanya kami akan dapat program ESL juga..horee!
    happy study mbak :)

    ReplyDelete

Berkomentar yang sopan sangat disenangi, komentar spam akan di hapus. Thanks!!