07 August 2010

Last Name


Ini benar-benar postingan iseng, hanya tiba-tiba saja terlintas dan pengen nulis. Sudah sejak 6 bulan lalu sebenarnya pengen nulis tentang ini, cuman mood nya baru muncul kali ini.

Semua bermula ketika tiba di honolulu, tiap kali registrasi selalu ada form yang di isi, first name, middle name dan last name. Dan kadang ini menimbulkan pertanyaan beberapa orang disini, misalnya saja ketika proses registrasi di sekolah abila. Suami, saya dan Abila masing-masing harus mengisi first name, middle name dan last name. Yang selalu jadi pertanyaan adalah last name kami ber tiga. Pihak sekolah bingung dengan kami bertiga yang memiliki 3 last name yang berbeda,masing-masing last name kami adalah nama ayah kami.

Suami pun harus menjelaskan tiap kali kebingungan mereka yang di perlihatkan dengan mimik muka yang sedikit berkerut. Suami menjelaskan kalau di negara kami, pada umumnya menggunakan last name dari ayah meskipun si wanita telah bersuami. Karena kebiasaan disini ketika wanita telah bersuami, last name yang sebelumnya adalah ayah mereka berubah menjadi nama suami mereka.

Sekarang ini saya liat di Indonesia juga sudah mulai marak menggunakan last name dengan nama suami, setelah menikah segera mereka merubah last name mereka menjadi nama suami mereka. Yah ini adalah pilihan dan tidak perlu di perdebatkan. Saya sendiri belum terpikir untuk itu, saya masih berpikiran 'primitif' apakah last name berkaitan dengan siapa yang menafkahimu, ketika belum menikah di nafkahi oleh ayah maka last name nya ayah ketika telah bersuami di nafkahi suami trus last namenya berubah jadi nama suami?? Yah itu hanya pikiran orang kampung...

Saya masih 'tidak tega' mengganti nama ayah saya di belakang nama saya yang sudah saya gunakan selama kurang leboh 30 tahun. kalaupun ingin memasang nama suami di belakang suami saya mungkin saya ingin mengikuti cara Hillary istri mantan presiden US Bill Clinton yang memadupadankan nama ayah dan suaminya. Sebelum menikah dia bernama Hillary Diane Rodham dan setelah menikah namanya menjadi Hillary Diane Rodham Clinton, meskipun dia lebih di kenal dengan nama Hillary Clinton.
Ya...apapun itu ini hanya sebuah postingan iseng yang tak perlu di perdebatkan.

4 comments:

  1. wahhh postingan iseng tapi isinya ga iseng sob,,, nice post

    ReplyDelete
  2. thanks yah udah mampir dan coment disini....

    ReplyDelete
  3. wah saya cuma punya single name mas
    maklum wong ndeso :)

    ReplyDelete
  4. nama_q edwina Zainal, dan semua menjadi tahu bahwa aq anaknya pak zainal dan seterusnya akan seperti itu.

    ReplyDelete

Berkomentar yang sopan sangat disenangi, komentar spam akan di hapus. Thanks!!